Kamis, 14 November 2013

Perbedaan Upah Transasional



Perbedaan Upah Transasional


Persaingan  murni dan persaingan sempurna dalam tenaga tenaga kerja

Persangan murni yaitu dimana terdapat sejumlah pembeli dan penjual dalam pasar. Dalam pasar tenaga kerja, persaingan murni yaitu dimana terdapat sejumlah majikan dan individu penyedia tenaga kerja , sehingga tak ada satupun yang dapat mempengaruhi tingkat upah. Dalam persaingan murni terdapat kebebasan bagi pekerja untuk menganti majikan dan majikan juga mempunya kebebasan untuk mengganti tenaga kerja mereka.
Sedangkan dalam persaingan sempurna semua penjual dan pembeli memiliki informasi yang sempurna tentang aspek pasar dan informasi tentang titik biaya nol. Perpindahan dari suatu pengguna tenaga kerja dengan yang lainnya dapat diselesaikan tanpa biaya.

Perbedaan upah jabatan yang transisional

Dengan pengetahuan yang sempurna dan mobiltas tanpa biaya diharapkan terjadi perubahan dalam permintaan jabatan dapat menghasilkan suatu proses penyesuaian.  Wa adalah tingkat upah bagi jabatan khusus yang di maksudkan, yang disebut dengan jabatan a. wi merupakan indeks upah dalam semua jabatan lainya . ratio wa/wi adalah upah relative jabatan a. sebagai reaksi pergeseran permintaan dari d1 ke d2 , tingkat upah relative naik cepat dari W1 ke W2 karena penawaran jangka panjang bagi jabatan a menjadi inelastic.  Besar sifat inelastis tergantung pada berapa banyaknya tenaga kerja yang bebobot untuk melaksanakan pekerjaan jabatan a.
Penawaran tenaga kerja jangka pendek terhadap beberapa jabatan terutama jabatan yang dapat memberikan upah yang tinggi terhadap keahlian yang tinggi, akan bersifat sangat  inelastis. namun jabatan yang membutuhkan keahlian yang rendah atau umum akan bersifat lebih elastis.
Tenaga kerja yang menduduki jabatan a akan menerima tingkat upah yang relatif yang mungkin melebihi tingkat upah yang mengimbangi permintaan dan penawaran dalam jangka panjang. Pendapatan dari kelebihan pendapatan itu akan merupakan hasil hambatan

Perbedaan upah industry

Dalam jangka panjang persaingan sempurna akan mengakibatkan perbedaan tingkat upah di antara industri. Kecuali jika industry membutuhkan campuran jabatan.    Dalam keseimbangan jangka panjang persaingan bebas akan mengakibatkan upah yang sama bagi setiap industri bagi setiap jenis jabatan. Kecuali pada aspek-aspek non upah pada suatu jabatan yang membuat suatu jabatan menjadi menarik sehingga akan merangsang terjadinya perbedaan upah jabatan . mungkin saja aspek-aspek non upah di setiap jabatan berbeda-beda di kalangan industry sehingga akan mendorong perbedaan upah untuk jabatan-jabatan tertentu. Maka dari itu akn menimbulkan perbedaan upah jangka panjang di dalam industry.

ndustri.png

Di asumsikan  :
(1)  jika suatu perekonomian terdiri dari dua industry yaitu, industry A&B.
(2) konsumen mengubah pembeliannya dengan cara menambah konsumsi A dan mengurangi konsumsi B.
(3) berkurangnya permintaan yang di akibatkan untuk suatu jabatan dalam industry B sama dengan  bertambahnya permintaan jabatan A  sehingga seluruh permintaan A plus B . sehingga para pengusaha mengurangi jumlah tenaga kerja dari LB2 ke LB1 . dengan pengetahuan dan mobilitas yang sempurna tanpa biaya, maka karyawan yang keluar akan beralih ke industry A,



Perbedaan upah regional

Berdasarkan persaingan  sempurna dengan asumsi adanya informasi dan mobilitas yang sempurna dan tanpa biaya, maka upah regional untuk jenis tenaga kerja yang sama tdak akan berbeda di suatu wilayah. Perbedaan regional dalam permintaan dan penawaran tenaga kerja tidak akan menyebabkan perbedaan upah regional yang tetap. Upah atau penghaslan sederhana perkapita dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar